Header Ads

  • Breaking News

    Realita Sosial Media ? Keuntungan dan Kerugian Menggunakannya !

    Media sosial sebagai sarana tanggap sosial bukan jalan dan tempat untuk alay, lebay, dan narsis. Sebenarnya ada hal yang lebih penting da bermanfaat selain melakukan hal yang alay dan lebay, seperti jualan, berbagi pengetahuan, berbagi trik, saling menyapa, media mencari lowongan pekerjaan, sarana diskusi dan sebagainya. Namun pada saat ini penggunaannya sudah mulai salah arah. Sebenarnya penulis tidak menyalahkan, karena memang sesuai dengan kondisi saat ini.

    Penyakit alay, lebay dan narsis mulai mengakar ditanah air ini, banyak pendapat dan teori yang mengatakan sifat alay, lebay dan narsis merupakan upaya pengekspresian diri dan eksistensi diri, namun sebagian ahli mengatakan hal tersebut merupakan penyakit psikologis. Bagaimana tidak, ketika kita disuatu tempat dimana saja itu pasti kita sering foto-foto dan melakukan hal aneh lainnya kemudian di upload ke sosial media, sebenarnya tak mengapa sih foto-foto tapi yang sewajarnya aja. 


    Sosial media sekarang menawarkan hal yang tidak wajar dan tidak mendidik. Namun hal ini dianggap wajar pada zaman ini, karena memang relevan dan sesuai dengan karakter dan cara hidup masyarakat sekarang. Kalau dahulu media sosial sebagai sarana untuk berkomunikasi, sekarang sudah banyak sekali yang dapat dilakukan dengan sosial media. 

    Para pengembang web sosial media diharapkan dapat menyaring segala aktivitas yang tidak wajar dengan fitrah manusia, bukan hanya profit yang di cari namun juga harus memikirkan sisi negatif sosial media. Memang cara untuk mendapat kepopuleran adalah menyesuaikan dengan kondisi dan kebiasaan masyarakat, tetapi setidaknya kita sebagai manusia haruslah bisa mempertimbangkan dampak yang akan dapat dari kebebasan sosial media.

    Facebook, Twitter, WhatsApp, BBM, Linkedin, Pinterest, Path, dan Instagram adalah contoh sosial media yang saat ini popular dan banyak digunakan. Dengan kemudahan, kenyaman, informasi, tips, pengetahuan, foto, dan lainnya menjadikan sosial media tersebut tetap eksis hingga bertahun-tahun, dan akan terus eksis selama teknologi dan internet masih ada.

    Keuntungan dan kerugian penggunaan sosial media
    Semua pasti ada keuntungan dan kerugian yang diperoleh, begitupun dengan penggunaan sosial media sebagai berikut.

    1. Keuntungan 
    • Dengan sosial media memungkinkan Anda untuk mendapatkan informasi secara cepat dan praktis. 
    • Menjalankan bisnis dengan sosial media (jualan online). 
    • Mendapatkan teman dan menjalin keakraban antar keluarga, teman, saudara, dan orang lain. 
    • Sebagai media penyampaian ekspresi. 
    • Menambah pengetahuan akan teknologi, informasi dan internet. 
    • Menjalin kerjasama dengan orang lain 
    • Menghilangkan kejenuhan dan kebosanan. 
    • Sebagai tempat untuk belajar, misalnya belajar secara online. 
    Setelah membahas tentang keuntungan, tidak lengkap kiranya jika kita tidak membahas tentang kekuranggannya, dimana untuk kekurangannya akan saya sampaikan pada berikut ini.

    2. Kekurangan 
    • Beredarnya artikel, video dan koten yang tidak mendidik. 
    • Membuat manusia menjadi individualisme. 
    • Kurangnya kepekaan sosial. 
    • Kecanduan akan internet. 
    • Menimbulkan penyakit psikologis. 
    Iya, itu keuntungan dan kerugian yang akan kita dapatkan jika menggunakan sosial media secara tidak wajar dan bijaksana. Sebenarnya bukan itu saja keuntungan dan kerugian yang akan kita dapatkan, itu hanya sebagian kecil saja. Masih banyak yang lain, Anda bisa baca buku, jurnal, internet dan bertanya pada ahlinya. Mohon maaf karena saya tidak bisa memberikan sumber secara detail.

    Kebijaksanaan itu perlu dimiliki setiap individu, agar terciptanya iklim yang nyaman dan aman. Misalnya saja sosial media tadi yang jika kita tidak lakukan secara bijaksana akan menimbulkan kerugian seperti yang telah dijelaskan diatas. Pesan penulis gunakanlah segala sesuatu secara bijaksana, bukan hanya sosial media, tetapi yang lainnya juga.

    No comments

    Comment with good, polite and obey the rules that have been created, the policy details can be found in the Terms of Service (TOS) at CAK OTOTECHNO ™ Blog's.

    Post Top Ad

    Post Bottom Ad