Header Ads

  • Breaking News

    Menumbuhkan Jiwa Wirausaha Anak Muda

    Motivasi dalam membangun jiwa wirausaha kerap sekali kita jumpai dalam buku-buku dan seminar-seminar wirausaha. Dimana dengan motivasi wirausaha akan menumbuhkan semangat dan jiwa wirausaha walaupun sementara. Hal yang sementara ini akan menjadi luar biasa jika suatu ide dan gagasan yang muncul langsung dilaksanakan saat itu juga. Memang aneh kalau kita mempunyai ide dan gagasan secara tiba-tiba dan langsung mempraktekkannya tanpa adanya perencanaan yang matang.


    Sebagai anak muda generasi penerus bangsa, umunya jiwa wirausaha ini sudah ada dalam dirinya. Namun terkadang mereka tidak menyadari dan kurang termotivasi untuk berwirausaha. Berangkat dari hal ini semua, disini penulis ingin membahas bagaimana cara untuk memotivasi dan menumbuhkan jiwa wirausaha. 

    Jiwa muda para generasi penerus bangsa haruslah di isi dan dibimbing kejalan yang positif, salah satunya dengan berwirausaha. Mereka harus berani mengambil dan menganggung resiko di usia mudanya agar kelak menjadi wirausaha yang sudah berpengalaman dan tangguh untuk melakukan persaingan secara global. Harapan yang panjang untuk terus berusaha adalah jiwa dari anak muda, jika harapan itu di dibimbing kejalan yang negatif maka hancurlah generasi ini, namun sebaliknya jika di bimbing ke hal positif, insyaallah negara ini menjadi negara yang maju dengan generasi muda yang kreatif dan inovatif pembangun bangsa.

    Wirausaha tidak hanya mengajarkan untuk mencari uang. Namun dengan wirausaha akan membangun mental dan pemikiran yang maju kreatif dan inovatif serta mental yang kuat laksana baja. mengapa demikian ? iya, memang karena dengan wirausaha seseorang tidak akan langsung sukses namun akan mengalami berbagai macam rintangan dan juga akan memaksa seseorang untuk lebih berpikir kreatif, inovatif dan tidak berputus asa. 

    Memotivasi dan menumbuhkan jiwa wirausaha dapat dilakukan dengan mengikuti seminar, membaca buku, artikel, melakukan riset, penelitian, kepepet dan kesadaran diri. Namun salah satu hal yang sangat akan bertahan lama untuk melakukan wirausaha ada dua faktor yaitu karena kepepet dan kesadaran diri. Iya, mengapa demikian ? memang karena dengan kondisi ekonomi yang tidak memungkinkan dan harga bahan pokok yang semakin mahal memaksa manusia untuk mencari alternatif solusi keluar dari itu semua, salah satunya dengan berwirausaha. Kemudian untuk kesadaran diri sendiri juga kuat pengaruhnya dengan usaha yang akan dibangun, dimana apabila seseorang wirausaha yang berangkat dari kesadaran akan membuahkan hasil yang maksimal. Tidak ada kata untuk berputus asa dan menyerah, karena kata-kata ini hanya bagi mereka yang merasa gagal sebelum mencobanya. 

    Jadi untuk kesimpulannya, dalam memotivasi dan menumbukan jiwa wirausaha dapat dilalui dengan dua faktor yang telah dibahas diatas dan juga sarana penunjang, seperti buku, seminar dan lainnya. Oke, semoga bisa bermanfaat dan sekarang ini jiwa anda sudah tergugah untuk berwirausaha. Sekian.

    No comments

    Comment with good, polite and obey the rules that have been created, the policy details can be found in the Terms of Service (TOS) at CAK OTOTECHNO ™ Blog's.

    Post Top Ad

    Post Bottom Ad