Header Ads

  • Breaking News

    5 Peluang Usaha Sebagai Inspirasi Bisnis

    Wirausaha bagi sebagian orang bukanlah sebuah profesi dimana wirausaha hanya sebagai usaha sampingan penambah tunjangan hidup dengan hasil yang didapatkan. Namun bagaimana dengan mereka yang menjadikan wirausaha sebagai penghidupan utama ? iya, banyak orang yang ingin sekali menjadi seorang wirausaha, tetapi mereka terkadang belum mengerti arti wirausaha sesungguhnya, banyak ketakutan-ketakutan yang mereka hadapi yang menyebabkan melemahnya jiwa wirausaha dengan pandangan-pandangan yang telah lama mereka yakini dan itu keliru. Banyak yang menganggap bahwa berwirausaha itu membutuhkan modal yang sangat besar, dan pendapatan yang tidak pasti tiap bulannya, banyak pengorbanan yang harus di keluarkan, pengalaman berwirausaha yang kurang, dan kurang siapnya mental.

    Seperti hal-hal yang telah disebutkan diatas sebenarnya hanya bersifat sederhana, tetapi terkadang kita terlalu membesar-besarkannya. Paradigma berpikir yang salah yang memuat jiwa wirausaha menjadi terkikis secara perlahan. Kebanyakan dari mereka hanya tinggal pada zona nyaman saja dengan merasa sudah puas bekerja diperusahaan tertentu dengan gaji yang sudah pasti. Namun jiwa wirausaha itu akan timbul disaat yang tidak terduga, dimana kalau dulu belum ada niatan untuk wirausaha karena sudah nyaman dengan kondisinya yang sekarang, tetapi setelah perusahaan mengalami kolaps baru mereka tersadar bahwa mereka hanya menjadi mesin-mesin penghasil keuntungan perusahaan. Namun jangan khawatir karena belum terlambat, dimana saat keterpurukan itu datang, maka saat itulah anda harus bangkit, yakin sepenuh hati dan langsung action membangun usaha, baik skala mikro maupun makro sesuai dengan modal yang anda miliki.


    Memang sulit bagi semua orang keluar dalam zona nyaman, zona yang begitu menjanjikan kesenangan, kepastian dan kemonotonan. Namun jika anda bisa meyakinkan diri bahwa anda bisa keluar dan sukses, maka modal utama seorang wirausaha pada hakikatnya hanya ada dua, yaitu mental dan keyakinan. Iya, dua hal ini menjadi modal utama seorang wirausaha dalam membangun usahanya. Walau dengan ada atau tanpa modal seorang wirausaha yang bermental baja dan berkeyakinan kuat, akan bisa menepis segala kendala-kendala yang dihadapinya dengan penuh kerja keras dan keyakinan yang kuat serta penuh dengan pemikiran-pemikiran kreatif dan inovatif.

    Ketika korek lagi secara mendalam, sebenarnya ketakutan-ketakutan itu tidak cukup beralasan. Pasalnya, didunia yang sudah serba modern dengan penuh kemajuan informasi, pemikiran dan teknologi ini bukanlah suatu masalah lagi untuk berwirausaha. wirausahawan dapat memanfaatkan peluag ini dengan sedikit mencari celah. Walaupun untuk sekarang ini celah yang disebutkan bukan hanya sedikit, tetapi sangatlah besar dan banyak, dimana untuk membuka usaha tidak memerlukan modal besar, kantor yang representatif dan iklan yang dicetak begitu banyaknya. Oke, untuk postingan kali ini, penulis akan memberikan beberapa usaha yang cocok yang diterapkan untuk saat ini, berikut ulasannya.

    Kemajuan, teknologi informasi, khususnya internet sejak ditemukan oleh J.C.R. Licklider dari Massachuet Institute of Technology (MIT) pada Agustus tahun 1962, yang mengemukakan sebuah konsep interaksi sosial dapat dilakukan juga melalui sebuah jaringan komputer. Berangkat dari penemuan ini internet terus mengalami perkembangan hingga akhirny pada tahun 2016 ini internet mencapai puncak penggunaan produktif. Walaupun sejak 5 tahun silam internet sudah banyak dipakai di dunia untuk mengakses informasi, sebelum akhirnya bisa dipakai untuk lahan dan media berbisnis. 

    Penjelasan diatas penulis rasa cukup untuk memberikan penjelasan mengani internet dan fungsinya. Namun jangan salah jika anda jeli dan cermat dengan kemajuan ini, apapun bisa menjadi uang, misalnya saja dengan hanya bermodalkan internet anda bisa membuka lapak jualan dengan memanfaatkan blog, sosial media, dan media komunikasi lainnya. Bukan hanya jualan yang dapat anda lakukan dengan internet dimana anda juga bisa membuat sebuah blog/web marketing, slide dan video marketing, email marketing, sosial media marketing dan membuat game dan aplikasi. 

    Oke penulis akan mencoba menjalaskan satu-persatu peluang usaha yang bisa anda lakukan, dan simak semuanya sebagai berikut.

    a. Membuat website/blog
    Dunia internet memang tak terbatas, kemudahan dan kebebasan mengakses informasi bisa didapatkan melalui internet. Namun tahukah anda bahwa dengan internet bisa kaya ? iya, pasti sudah tau, lantas bagaimana caranya ? oke, caranya dengan membuat website/blog yang diisi dengan berbagai konten berkualitas dan dimonetise dengan iklan-iklan super duper, seperti Google Adsense, Chitika, Affliate Marketing (LAZADA, AMAZON, ZALORA, MatahariMall). Selain dimonetise dengan iklan anda juga bisa membuka les privat, menjual ebook, dsb.

    b. Slide and video Marketing, dapat juga anda lakukan dengan memanfaatkan YouTube sebagai media penghasil uang, dan juga siapa tahu ada perusahaan atau saluran TV yang berminat dengan slide dan video anda akan menarik anda untuk bermitra.

    c. Email Marketing, bisa juga dimanfaatkan untuk berwirausaha adalah dimana anda yang memiliki kemampuan tertentu dan sebagainya selain dituangkan melalui blog, ternyata juga bisa mengirimkan penawaran jasa melalui email. Bisa berupa file brosur, file proposal dan file bucket.

    d. Social Media Marketing, bisa menjadi peluang wirausaha terakhir yang penulis bagikan, dimana dengan pemanfaatan sosial media yang gencar-gencarnya akan menjadi peluang bisnis yang sangat menjanjikan. Apalagi kalau kita melihat pada kondisi masyarakat indonesia yang merupakan pengguna sosial media terbanyak di dunia. Dengan sosial media marketing anda bisa melakukan banyak hal mulai menjual barang, jasa, eksis di sosial media, dll.

    e. Membuat Game dan Aplikasi, bagi anda yang gemar bermain game dan aplikasi, untuk di zaman yang modern ini cobalah sekali-kali jangan menjadi objek dari game dan aplikasi tersebut, tetapi anda dapat menjadi subjek game dan aplikasi dengan menjadi seorang pembuat. Sejak Google mengumumkan akan membayar para developer game dan aplikasi Indonesia, peluang ini menjadi hal yang sangat berpotensi untuk dijalankan. Sebenarnya peluang ini bukan hanya bagi mereka yang pintar membuat game dan aplikasi, tetapi juga bisa dilakukan oleh seorang gaptek asal mau belajar. Sebagai acuan saja seorang kuli lulusan Sekolah Dasar (SD) yang sukses dengan aplikasi buatannya dan dibayar $1000 lebih oleh Google. 

    Oke, itulah 5 peluang usaha yang bisa anda jalankan dan sebagai sebuah inspirasi dalam mencapai kesuksesan anda. Ada sebua ayat AL-Qur’an yang terus menginspirasi penulis yang artinya :

    “Allah tidak akan merubah keadaan suatu kaum, jika kaum itu tidak mau merubah keadaannya sendiri”

    No comments

    Comment with good, polite and obey the rules that have been created, the policy details can be found in the Terms of Service (TOS) at CAK OTOTECHNO ™ Blog's.

    Post Top Ad

    Post Bottom Ad