Header Ads

  • Breaking News

    Membudidayakan Tanaman Tomat di Pot atau Polybag

    Tomat merupakan tanaman sayuran yang popular di budidayakan baik itu di sawah, kebun dan pekarangan rumah. Kalau dilihat dari segi manfaat dan fungsi tomat tidak hanya sebagai pelengkap bumbu makan, karena masih banyak dan manfaat dan fungsi tomat lainnya yang belum banyak diketahui oleh kebanyakan orang, misalnya saja tomat dapat digunakan untuk melancarkan sistim pencernaan, sebagai masker yang dapat mencegah kerusakan jaringan kulit akibat paparan sinar matahari karena tomat mengandung zat likopen. 

    Oke, tanpa panjang lebar menjelaskan mengenai tomat, penulis akan menjelaskan cara untuk membudidayakan tanaman tomat ini yang dapat disimak pada penjelasan berikut ini. 
    Siapkan pot atau polybag, kemudian tempatkan di tempat yang terkena sinar matahari dan terlindung dari angina kencang. 

    • Beri alat pendukung pertumbuhan tomat (kandang tomat) yang biasanya terbuat dari kawat dan memiliki ruang yang cukup untuk untuk memungkinkan pertumbuhan tomat tetap baik dan normal. 
    • Siram tanaman tomat setiap kali tanah sudah terlihat kering. 
    • Selanjutnya jangan lupa untuk pemberian pupuk pada tanaman tomat dan panen dapat dilakukan ketika tomat sudah mulai matang dengan warna orange kemerahan dan kulit masih terasa kencang. 
    • Terakhir adalah pembersihan dan pengepakan tomat untuk dijual, baik local maupun manca negara. 
    Sebagai catatan ketika proses pemanenan harap dilakukan secara hati-hati karena tomat rentan akan goncangan, hal ini dimaksudkan agar tomat tidak mengalami tindihan yang keras yang akan menimbulkan pembusukan tomat. Kemudian dalam proses pembersihan tomat selalu perhatikan kebersihan dan kesterilan tomat tersebut dan untuk terakhir jangan lupan membersikan dan menjamin kesterilan dari wadah kemasan tomat tersebut. 

    Oke, terimakasih semoga tutorial diatas dapat membantu pembaca semuanya dalam membudidayakan tanaman tomat dengan baik dan benar, sehingga dapat menghasilkan tomat yang berkualitas baik dan unggul.

    No comments

    Comment with good, polite and obey the rules that have been created, the policy details can be found in the Terms of Service (TOS) at CAK OTOTECHNO ™ Blog's.

    Post Top Ad

    Post Bottom Ad