Header Ads

  • Breaking News

    8 Cara Agar Bisa Bangun Lebih Pagi

    Banyak orang yang mengaku susah untuk bangun tidur lebih pagi, berbagai alasan mereka lontarkan. Susahnya bangun tidur lebih pagi ini yang menjadi kebiasaan mnejadikan pola hidup mereka menjadi tidak sehat. Iya, yang seharusnya pagi-pagi menghirup udara segar mereka harus tetap tertidur lelap dikamar tidurnya, akibatnya sirkulasi darah dan pergantian oksigen di dalam tubuh menjadi tidak sehat, karena tidak ada oksigen baru atau segar yang mengisi. 

    Banyak dampak buruk yang dialami jika seseorang jarang untuk bangun pagi, seperti halnya terburu-buru dalam suatu pekerjaan, grogi, kurang berstamina, dan mudah terserang penyakit. Iya, begitulah. Namun walaupun begitu kebanyakan orang masih tetap saja pada pola hidupnya yang terdahulu. 


    Anda merupakan orang beruntung hari ini, karena telah menemukan tulisan ini, karena penulis akan memberikan beberapa cara agra bisa bangun lebih pagi yang akan diulas pada penjelasan berikut.

    a. Membuat Jadwal Kegiatan
    Banyak orang yang meganggap sepele untuk membuat jadwal kegiatan. Mereka cenderung malas dan tidak konsisten terhadap apa yang akan membuat hidup mereka teratur. Namun anda harus tahu dengan membuat jadwal kegiatan hidup akan membuat setiap kegiatan anda menjadi teratur, misalnya saja untuk waktu tidur, makan, mandi, sholat, olahraga, liburan, belajar dan melakukan hal lainnya sudah terjadwal dengan baik.

    Memang sulit pada awalnya untuk bisa taat dan konsisten dengan jadwal hidup ini, tetapi setidaknya harus dilatih agar menjadi kebiasaan, karena dari kebiasaan itulah akan menghasilkan keprofesionalan. 

    b. Menggunakan Alarm
    Suara alarm sering kali membuat kita risih, karena suara yang keras dan keadaan tubuh yang habis tidur yang belum bisa menerima apapun dari luar seperti halnya suara alarm ini. Namun anda bisa mencoba metode memakai alarm ini, karena metode ini sangat efektif untuk membangunkan orang tidur. Anda cukp mensetting sesuai dengan waktu yang dibutuhkan, maka secara otomatis alarm akan hidup untuk waktu yang sudah anda tentukan dan hal ini juga akan membantu anda untuk bangun lebih pagi guna menuju pola hidup yang lebih sehat.

    c. Tidur Berkualitas
    Dalam ilmu medis seseorang dianjurkan untuk istirahat selama 8 jam, hal ini dibutuhkan tubuh untuk istirahat secara total baik itu tidur maupun bersantai. Nah, untuk itu gunakanah waktu ini seefektif mungkin. Anda bisa membuat tidur anda berkualitas tanpa harus berlama-lama tidur, dimana cukup dengan tidur 4-6 jam seseorang sudah bisa dikatakan tidur berkualitas dengan cara buatlah nyaman diri anda, hilangkan pikiran-pikiran berat mengganggu pikiran anda, niatkan ingin istarahat sepenunya, carilah tempat yang nyaman, pakailah pakaian yang longggar agar tubuh dan darah anda dapat mengalir dengan baik, hindari penggunaan AC dan kipas angin karena akan memberikan suhu dingin yang akan membuat tubuh bangun tengah malam.

    d. Hindari Kebiasaan Bergadang
    Bergadang bisa dikegorikan dalam hal buruk dan positif seperti halnya sebuah lagu “bergadang jangan bergadang kalau tiada artinya, bergadang boleh saja kalau ada perlunya” iya kurang lebih begitulah. Namun lagu tersebut bukanlah sekedar lagu yang dinyanyikan saja, dimana kita dapat mengambil hal positif dari lagu tersebut. Karena daripada anda bergadang mending istirahat atau melakukan hal lainnya yang lebih baik. Kebiasaan bergadang akan memaksa tubuh terjaga lebih lama diluar kemampuannya, akibatnya akan menyebabkan seseorang susah untuk bangun pagi dan hal ini sangat merugikan diri anda.

    e. Mengkonsumsi Makanan dan Minuman Sebelum Tidur
    Sebuah fenomena yang pernah penulis alami, dimana ada perbedaan antara makan sebelum tidur dengan tidak mkan sebelum tidur. Perbedaan ini terletak pada waktu bangun penulis, dimana saat mengkonsumsi makanan dan minuman sebelum tidur membuat tubuh terjaga lebih awal, sebab ada energi yang diserap dalam tubuh sehingga membuat tubuh fit saat bangun tidur dan berbeda halnya saat kondisi erut dalam keadaan kosong dimana tidak ada cadangan energi dalam tubuh sehingga membuat orang malas untuk bangun karena keadaan tubuh yang kurang fit.

    f. Pikirkan Resiko Telat Bangun
    g. Niatkan untuk Bangun Lebih Pagi
    h. Hindari Konsumsi Makanan dan Minuman yang Mangandung Kafein

    Demikianlah 8 cara yang bisa anda jadikan referensi agar bisa bangun lebih pagi dan semoga bermanfaat.

    No comments

    Comment with good, polite and obey the rules that have been created, the policy details can be found in the Terms of Service (TOS) at CAK OTOTECHNO ™ Blog's.

    Post Top Ad

    Post Bottom Ad