Header Ads

  • Breaking News

    5 Tips Meningkatkan Eksistensi Toko Online

    Bisnis online adalah hal yang menyenangkan untuk dilakukan. Akhir-akhir ini bisnis online menjadi banyak diminati oleh kalangan pengusaha, mahasiswa, ibu rumah tangga bahkan anak-anak. Banyak orang sukses dari bisnis online, misalnya, blogger (sebut saja Eka Lesmana, Asri Tadda, Maxmanroe, dan blogger lainnya). Jualan online (Lazada, Rakuten, Zalora, dan lainnya). 

    Internet merupakan media yang efektif untuk melakukan semuanya, akibat internet banyak orang yang mulai meningggalkan kebiasaan lama, ke kebiasaan serba cepat dan instan. Sebagai pembisnis online dalam meningkatkan penjualan merupakan faktor terpenting untuk memotivasi diri dan eksistensi di pasar online. Pembisnis yang tidak bisa mengubah pola dan strategi dalam bisnis akan mengalami kejenuhan dan rasa putus asa. Untuk mencegah hal tersebut, penulis memiliki tips membuat toko online Anda sukses dan berpenghasilan maksimal. 


    Desain Toko Online
    Layaknya sebuah toko offline, toko online juga harus mempunyai desain dan fitur. Desain dan fitur yang tersedia dalam toko online akan mempengaruhi penjualan. Desain yang kurang profesional akan berdampak pada kurangnya tingkat kepercayaan calon pembeli, karena kewaspadaan calon pembeli ketika berbelanja online. Pada kasus yang telah terjadi banyak toko online dengan desain profesional juga melakukan penipuan, tetapi ini hanya sebagian kecil atau bisa dikatakan hanya kesalahan teknis saja, dan pembeli yang kesal langsung berpikiran bahwa toko online tersebut melakukan penipuan. Dalam berbisnis Toko Online kita tidak boleh berpikiran seperti itu, karena tampilan awal dari toko memang mempengaruhi calon pembeli melakukan pembelian di toko online kita. Walau sudah banyak tersebar di internet maupun surat kabar lainnya tentang penipuan online, kita tidak boleh berpikiran sempit dan pesimis, selama kita tidak berniat untuk menipu dianjurkan untuk tetap jalan berbisnis online. 

    Untuk desain dari toko online sendiri, penulis mempunyai tips yang dapat Anda lakukan pada toko Anda, yang bertujuan agar toko Anda indah dan nyaman di kunjungi oleh calon pembeli. Toko online profesional menghasilkan dan mendatangkan pembelian yang profesional. Oke, langsung saja Anda simak dibawah ini. 

    1. Pemilihan Warna Template 
    Dalam memilih warna template harus disesuaikan dengan yang Anda jual, misalnya warna pink untuk fashion wanita, warna biru untuk fashion pria atau gabungan keduanya untuk fashion anak-anak dan sebagainya. 
    Fitur Pendukung (navigasi, slide show, dan sebagainya) 

    Untuk membuat tampilan toko online Anda terlihat profesional, Anda dapat menambahkan navigasi untuk mempermudah calon pembeli melihat kategori atau komponen yang ada di toko online Anda, Anda juga bisa menambahkan slide show sebagai tampilan mendasar dari produk terpopuler atau review produk Anda. 

    Kejelasan Toko Online Anda (cara belanja, pembayaran, ekspedisi pengiriman, halaman order dan sebagainya). 

    Hal ini dibutuhkan untuk mendukung toko Anda menjadi terlihat profesional dan menambah kepercayaan dari calon pembeli, bahwa toko Anda memang dibuat dan di kelola dengan benar dan tanpa adanya unsur penipuan. 
    • Widget Pendukung (kontak, cek pembayaran dan resi pengiriman.
    • Pasanglah kontak yang valid dan dapat dihubungi, hal ini untuk menambah toko Anda terlihat professional dan meyakinkan. 
    • Alamat toko online yang valid.

    2. Costumer Service 
    Dalam toko offline maupun online, pasti terdapat fitur tambahan pelayanan costumer service. Adanya fitur pendukung ini, pengunjung dapat menghubungi atau bahkan membeli produk kapanpun dan dimanapun. Maka Anda harus siap melayani calon pembeli kapanpun dan dimanapun mereka. Walaupun demikian Anda juga harus memberikan kejelasan informasi dari pelayanan costumer service ini, karena Anda tidak dapat melayani selama 24 jam atau jika Anda tidak sendirian. 

    Dengan adanya pelayanan costumer service ini Anda harus siap menerima segalanya mulai dari, cepat menenggapi pesan, mengucapkan terimakasih, menerima kritik dan saran dari pembeli, dan meminta maaf jika pengiriman tidak tepat waktu. 

    3. Foto Produk Berkualitas dan Menarik 
    Untuk sukses berjualan online, Anda harus memperhatikan tampilan dari produk Anda, apakah sudah menarik, jelas dan berkualitas. Kalua belum segera perbaiki, karena ini sangat mempengaruhi penjualan dari toko Anda. Buatlah foto produk Anda memilki tingkat kejelasan dan kemenarikan tinggi agar calon pembeli yakin dengan apa yang Anda tawarkan. 

    4. Jangan Jualan Sendiri (Reseller
    Dengan jualan sendiri akan membuat toko tidak berkembang dan stagnan, untuk mengatasi masalah ini Anda bisa menerapkan system reseller terhadap produk Anda. System reseller terbukti efektif untuk meningkatkan penjualan, sebab Anda akan mempunyai banyak cabang penjual produk yang siap menghasilkan pundi-pundi uang untuk Anda. 

    Sebelum menerapkan system reseller. Anda bisa membuat sebuah perjanjian, Anda harus memberikan kejelasan dalam perjanjian tersebut, agar ditengah jalan tidak terjadi kesalah pahaman pembagian hasil. 

    5. Belajar Internet Marketing & SEO 
    Dengan belajar Internet marketing & SEO akan sangat terbantu, sebab banyak sekali penjual online yang ada di internet. Dimana kita itu tidak berjualan sendirian, banyak pesaing-pesaing yang mungkin telah menguasai SEO dan Internet Marketing. Jadi sangat dianjurkan untuk selalu belajar Internet Marketing dan SEO agar toko online Anda tetap eksis dan menjadi nomor satu dimesin pencari. 

    Sekian dulu untuk postingannya, semoga membantu, mungkin itu 5 tips agar toko online kita tetap eksis dan diminati pembeli. Pada kesempatan yang lain penulis juga akan membagikan update artikel yang tidak kalah menarik.

    No comments

    Comment with good, polite and obey the rules that have been created, the policy details can be found in the Terms of Service (TOS) at CAK OTOTECHNO ™ Blog's.

    Post Top Ad

    Post Bottom Ad