Header Ads

  • Breaking News

    Blog Yang Sering Muncul Di Internet

    Blog adalah sebuah rumah bagi blogger yang umumnya berisi berbagai tulisan, catatan, artikel yang diposting secara online dan inklusif. Blog juga hadir dalam menyajikan berbagai informasi kepada pengunjung. Setiap hari banyak blog baru bermunculan di internet, karena sekarang ini, membuat blog tidak serumit zaman dulu. Teknologi dan internet sudah canggih, pantas jika sekarang membuat blog tidak sampai 5 menit. 

    Sebagai media di dunia maya yang informasinya dibutuhkan banyak orang, blog dapat dibuat dengan platform gratisan, Anda bisa memanfaatkan Blogspot milik Google dan Wordpress, yang keduanya tersedia secara gratis. 


    Sekarang blog telah mempunyai dunia sendiri, punya karakter dan ciri khas serta pembahasan yang beragam. Untuk saat ini, perkenankan penulis untuk memberikan informasi mengenai jenis-jenis blog yang ada di dunia maya, yang bisa Anda simak berikut ulasannya. 

    1. Berdasarkan Platformnya 
    • Blog Gratisan : Blog gratis sangat banyak digandrungi oleh masyarakat, karena fitur blog gratis tidak kalah handal dengan blog berbayar. Namun banyak blogger yang mengubah blog gratisnya keberbayar dengan berbagai alasan. Blog gratis umumnya akan memiliki subdomain pada urlnya, misalnya cak-ototechno.blogspot.com atau cak-ototechno.wordpress.com. penyedia layanan blog gratis yang popular saat ini adalah Blogspot, Wordpress, dan Tumblr. Anda dapat memilih salah satu platform tersebut sesuai keinginan Anda. 
    • Blog Berbayar : Blog berbayar adalah jenis blog yang dibuat menggunakan domain dan hosting sendiri, dimana pemilik blog membayar kepada pemilik layanan domain dan hosting tersebut. Domain dan hosting banyak bergam waktu sewanya, ada seminggu, sebulan, setahun atau bahkan lebih. Dengan blog berbayar akan terlihat lebih profesional dan menambah keyakinan pengunjung blog. Contoh blog berbayar, Maxmanroe.com, Ndrokakung.com, AsriTadda.com, Radityadika.com dan sebagainya. 
    • Micro Blog : Twitter merupakan micro blog yang popular saat ini. Dalam twitter ketika menulis konten dibatasi dengan beberapa jumlah karakter, yang memungkinkan tidak adanya kebebasan berekspresi secara total. Namun micro blog ini, memiliki jumlah pengguna yang fantastis sesuai fitur yang ditawarkannya. 
    2. Berdasarkan Isi (Konten) 
    • Spesifik Tema (Niche Blog) : Blog spesifik tema adalah blog yang ditulis oleh blogger dengan tema yang spesifik, artinya tema yang diangkat hanya satu saja, tetapi pembahasannya sangat mendalam dan detail. Misalnya blog Pendidikan, blog Teknologi, blog Property, blog Bisnis, blog Fashion dan sebagainya. 
    • Global Tema (General Blog) : Dalam blog yang satu ini, Anda akan menemukan banyak topik pembahasan yang bersifat umum. Biasanya dalam general blog topik yang dibahas bisa langsung menjadi satu halaman. 
    3. Berdasarkan Tujuannya : 
    • Blog Pribadi adalah blog yang berisi macam-macam konten/isi yang bersifat informatif sesuai pendapat pemilik blog. Tujuan dibuatnya blog pribadi, ialah sebagai ajang berekspresi dan media curhat. 
    • Blog Promosi Diri adalah blog yang dibuat untuk berpromosi dan eksistensi nama penulis sekaligus pemilik blog supaya bisa dikenal umum. Blog ini mempunyai gaya penulisan yang formal dan semi-formal. 
    • Blog Profit adalah blog tidak hanya sebagai media informasi dan curhat, tetapi juga media penghasil pundi-pundi uang. Blog ini biasanya menjadi publisher Google Adsense dan lainnya. Pemilik blog akan di bayar ketika ada orang yang mengeklik iklan. 
    Dari beberapa jenis blog yang sudah disebutkan di atas, jenis blog seperti apa yang Anda miliki saat ini? Semoga blog Anda memberikan manfaat bagi orang lain dan bukan hasil copy paste dari blog orang lain.

    No comments

    Comment with good, polite and obey the rules that have been created, the policy details can be found in the Terms of Service (TOS) at CAK OTOTECHNO ™ Blog's.

    Post Top Ad

    Post Bottom Ad