Header Ads

  • Breaking News

    Strategi Jitu Sukses Berbisnis

    Banyak orang yang terjebak dengan artikel, seminar, dan informasi lainnya yang sejenis yang menganggap bahwa bisnis tanpa modal itu ada, padahal itu hanyalah sebuah mimpi belaka. Berbisnis itu tidak semudah membalikkan telapak tangan, berbisnis itu harus ada strategi, modal dan kiat-kiat yang harus dilakukan, agar semuanya lancar dan sesuai dengan tujuan. Banyak orang yang menggembor-gemborkan bahwa dengan tanpa modal seseorang sudah bisa berbisnis asal ada kemauan, iya memang benar adanya, tetapi hal yang begitu ujung-ujungnya juga butuh modal, seperti halnya ketika saya berbisnis blog ini, banyak sumber referensi yang mengatakan mencari uang tanpa modal itu bisa hanya dengan ngeblog Anda bisa mendulang Dollar dengan ikut mitra Google Adsense. Ternyata apa yang dikatakan sumber referensi dengan realita sangat jauh berbeda, dimana modal yang saya harus keluarkan banyak sekali, walaupun sudah punya laptop sendiri, tetapi modal lainnya juga harus dipenuhi, seperti halnya koneksi internet, artikel, design blog, dimana saya harus rela tidak pulang dan telat makan, karena pakai wifi kampus untuk koneksi agar bisa mendesain blog. Semua itu saya lakukan untuk membuktikan kebenaran Google Adsense. Tidak hanya bisnis menjadi mitra Google Adsense, tetapi untuk bisnis lainnya juga butuh modal, baik materi mapun non-materi. Setiap bisnis memiliki strategi dan tips sebagai penunjangnya. Saya akan membagikan strategi dan tips berbisnis agar cepat sukses, seperti berikut ini : 

    1. Realistis 
    Buatlah model bisnis yang sesuai dan dibutuhkan oleh pasar sekarang dan yang akan dating. Sebelum memulai bisnis cobalah Anda survey dan pelajari lingkungan sekitar, buatlah bisnis berdasarkan kebutuhan masyarakat. 

    2. Fokus 
    Dunia internet yang mengalami perkembangan dari zaman ke zaman, membuat semuanya dapat menjadi peluang bisnis. Dimana kalau kita berbisnis dengan internet saja sudah bisa menjadi seorang jutawan dan miliyader, dengan cara menjadi seorang Blogger, Bisnis Affliasi, Toko Online, Bisnis Jasa dan sebagainya. 

    Jika Anda fokus pada satu peluang bisnis, bukan hal yang mustahil jika Anda akan sukses, sebagai contoh berbisnis menjadi seorang blogger, untuk menghasilkan uang blogger harus menjadi mitra Google Adsense atau lainnya, blogger harus fokus pada satu tujuan, dimana harus memiliki desain blog yang sederhana tetapi menarik, rajin update artikel berkualitas dan informatif dan yang paling mendasar harus sabar. Banyak blogger yang sudah sukses menjadi jutawan dan miliyarder. 

    3. Lakukan Sesuai Hobi 
    Ketika kita melakukan hal apapun berdasarkan hobi, pasti kita akan melakukannya dengan sepenuh hati. Tidak ada unsur paksaan didalam diri. Segala pekerjaaan termasuk bisnis jika dilakukan dengan sepenuh hati akan membuahkan hasil yang maksimal. Pekerjaan yang sepenuh hati sangat cocok bagi Anda yang ingin menjadi seorang pengusaha. Seorang pengusaha tidak akan pernah melihat profit terlebih dahulu, tetapi bekerja berdasarkan hobi dan keyakinan hati. Contoh jika Anda mempunyai hobi desain, maka laksanakanlah hobimu dengan sepenuh hati tanpa adanya unsur paksaan. Siapa tau hobimu menjai pekerjaan utama di masa depan. 

    4. Pelajari Segalanya Tentang Bisnismu 
    Mengawali bisnis memang tidak mudah, banyak yang harus diperjuangkan, baik materi maupun non-materi. Bahkan seorang investor tidak akan dengan mudahnya menginvestasikan uangnya secara sembarangan, investor tidak berani menempatkan uangnya pada bisnis yang masih awal. Tetapi kesempatan ini bukannya tidak mungkin kita dapatkan, sebab namanya rejeki siapa yang tau. Jadi Anda dianjurka untuk berusaha dan mempelajari segala bisnismu dengan cermat dan jelas. Hal ini bertujuan agar investor yakin akan bisnis Anda. 

    5. Hargai Waktu 
    Anda pasti pernah mendengar ungkapan “waktu adalah uang”, iya, memang benar, kalau kita menyia-nyiakan waktu sama halnya kita sudah menyia-nyiakan uang, baik itu arti uang sebenarnya maupun ari uang sebagai umur produktif kita. Cobalh Anda member harga pada waktu, misalnya Rp. 10 ribu perjam. Ini akan membantu Anda dalam mengambil keputusan. 

    6. Belajarlah Dari Orang Lain 
    Manusia memiliki keunggulan dan kelemahan, tidak ada manusia yang paham akan segala hal. Semuanya harus melalui proses belajar baru manusia akan paham akan suatu hal. Sangatlah penting bagi kita untuk bersikap terbuka terhadap segala pandangan dan pemikiran orang lain. Kita membutuhkan seorang mentor, teman dan orang sukses lainnya untuk membimbing, berkonsultasi dan mengatasi setiap permasalahan yang kita hadapi. Anda dapat mengambil pelajaran dari apa yang sudah dilakukan oleh orang-orang sukses tersebut. 

    7. Belajar Dari Kegagalan 
    Semua aktivitas di dunia ini pasti akan mengalami yang namanya kegagalan, misalnya seorang ilmuan Thomas Alfa Edhison yang gagal dalam percobannya sebanyak 999 kali dan sukses pada percobaan ke 1000 menciptakan bola lampu yang kita pakai saat ini. Dia terus belajar dari kegagalannya, mengubah pola dan cara dalam pekerjaan untuk menciptakan bola lampu. Sebenarnya banyak orang-orang gagal pada walnya, tetapi berbuah manis pada akhirnya. Contoh, Bill Gates dan Mark Zukerberk, keduanya gagal menyelesaikan kuliah S1 karena fokus pada perkembangan Microsoft dan Facebook. Tetai mereka tidak menyerah, karena mereka yakin dengan jalan yang dipilih, dan akhirnya kita dapat melihat atau bahkan menggunakan produk mereka. Kegagalan termasuk dalam pengalaman, dimana kita sering mendengar dari orang-orang bahwa Pengalaman adalah guru terbaik, jadi kegagalan juga guru terbaik bagi kita untuk mencapai sukses. 

    8. Bisnismu Adalah Yang Terbaik 
    Keyakinan dalam diri akan menghantaran kita pada keteguhan hati. Jadi yakinlah bahwa bisnismu adalah yang terbaik. Jalankan bisnismu dengan modal seadanya degan memberi bukti nyata pada investor. Tunjukkan bahwa bisnismu akan membuahkan hasil yang maksimal. 

    9. Tindakan Lebih Baik Dari Pada Perkataan 
    Perkataan adalah senjata. Jangan berkata apa yang tidak mampu untuk dilakukan, jangan terlalu banyak bicara (tong kosong nyaring bunyinya). Banyak perkataan tidak ada tindakan (bukti). Orang yang terlalu banyak bicara tidak akan disukai orang lain tanpa adanya bukti yang nyata. Jadi buktikan bahwa kamu bisa melakukan bisnismu dengan maksimal. Bukan kata-kata yang menilai kesuksesan, tetapi tindakanlah (bukti) yang menjadi penilaian.

    10. Teknologi Baru 
    Teknologi baru membantu menunjang bisnis Anda. Dengan teknologi semuanya akan mudah. Dalam berbisnis jangan sampai ketingggal dengan teknologi terbaru, sebab jika ketinggalan pasti Anda akan ditinggalkan oleh pembisnis lainnya. Gunakan teknologi canggih rendah biaya, dalam prinsip ekonomi bertujuan untuk menekan biaya pengeluaran, agar terjadi keuntungan, antara pemasukan lebih besar dari pada pengeluaran. 

    11. Move On 
    Mendengar kata move on sangatlah mengelikan, tetapi itulah realita sekarang, kata move on sangat lazim digunakan dalam hal percintaan. Namun move on juga cocok apabila kita gunakan untuk bisnis. Ada sebuah ungkapan “Nahkoda yang bijak tidak akan tenggelam dengan kapalnya”, maksudnya adalah seorang yang bijak tau kapan harus berusaha dan kapan harus berhenti. Berhenti bukan akhir dari segalanya, apabila kita sudah berusaha dengan sekuat tenaga, tetapi masih merasakan yang namanya kegagalan melebihi batas kesabaran dan kemampuan kita. Maka saat itulah harus move on. Bijaklah dalam memilih bisnis baru agar kesalahan yang lalu tidak terulang kembali dan jangan pernah berputus asa. 

    Itulah 11 strategi dan tips untuk menggapai kesuksesan dalam bisnis, yang bisa Anda terapkan dan gunakan sebagai sumber referensi, semoga bermanfaat dan menjadi pengetahuan tambahan bagi semuanya. Terimakasih telah mengunjungi blog kami.

    No comments

    Comment with good, polite and obey the rules that have been created, the policy details can be found in the Terms of Service (TOS) at CAK OTOTECHNO ™ Blog's.

    Post Top Ad

    Post Bottom Ad