Header Ads

  • Breaking News

    Cara Memunculkan Ide Bisnis yang Kreatif dan Inovatif

    Halangan dalam dunia bisnis, kerapa dialami oleh seorang pembisnis pemula. Hal ini dikarenakan pembisnis pemula belum mengerti arah dan naluri bisnis yang masih belum terasah. Selain alasan klasik karena kekurangan atau ketidak adaan modal membuat para pembisnis sulit untuk berkembang. Banyak para pembisnis yang hanya bermodalkan nekat tanpa adanya perencanaan terlebih dahulu sebelumnya. Dimana hal ini menyebabkan para pembisnis putus asa dan depresi ditengah perjalanan, bisa disebabkan karena sepinya pembeli yang akhirnya akan berdampak pada kebangkrutan bisnis tersebut. 

    Dalam berbisnis tidak hanya modal yang menjadi faktor utama penentu kesuksesan, dimana masih banyak faktor lainnya, misalnya saja, bisnis itu butuh seorang yang kreatif, inovatif, bekerja keras, pantang menyerah dan progresif. Namun ketika melihat pada fakta yang terjadi sekarang ini banyak pembisnis yang belum memiliki faktor yang disebutkan sebelumnya, dimana kebanyakan mereka hanya bermodalkan nekat dan cenderung meniru-niru.


    Memunculkan ide kreatif dan inovatif dalam berbisnis bukanlah hal yang sulit, karena semua ini dapat diperoleh dengan melihat kondisi dan peluang lingkungan sekitar dimana bisnis itu akan dijalankan. Secara sederhana bisnis itu ada karena ingin menjawab setiap permasalahan yang ada dilingkungan sekitar. 

    Pada kesempatan ini, penulis ingin coba membahas cara untuk memunculkan ide bisnis yang kreatif dan inovatif dengan 4 sumber inspirasi yang dapat dijadikan acuan sebagai berikut. 

    a. Mengamati Trend Bisnis yang Berkembang
    Untuk menemukan ide bisnis, dapat dilakukan dengan memperhatikan trend. Dimana trend merupakan suatu hal yang sedang dibicarakan oleh banyak orang yang kejadiannya berdasarkan fakta yang ada. Dengan memperhatikan trend kita akan tau apa saja yang menjadi kesukaan dan konsumsi publik yang berpotensi untuk dijadikan bisnis kedepannya.

    b. Belajar dari Kesuksesan Orang Lain
    Ketika tidak ada ide untuk membangun sebuah bisnis, anda mungkin bisa memperhatikan sumber inspirasi ini, dimana anda hanya tinggal melihat, membaca dan mempelajari kiat sukses perjalanan orang lain. Anda bisa melakukan bisnis yang sama dengan orang yang anda nilai sudah sesuai, kemudian melakukannya dengan merubah sedikit metode dari bisnis sebelumnya atau bahasa kerennya memodifikasi kesuksesan bisnis orang lain. 

    c. Belajar dari Masalah Orang Lain
    Setiap orang memiliki masalah, dan ternyata masalah itu dapat dijadikan sebagai sumber inspirasi bagi orang lain. Kita dapat mempelajari dan menganalisa masalah yang orang lain keluhkan, bisa terkait dengan produk aupun bisnis yang berjalan.

    d. Melakukan Riset Bisnis dan produk
    Melakukan riset merupakan suatu cara untuk mendapatkan ide bisnis. Dengan bantuan media internet yang saat ini berkembang dapat dimanfaatkan untuk melakukan riset dan mempermudah proses riset itu sendiri. Selain itu riset bisa didapatkan di lakukan dilingkungan sekitar dengan mendatangi setiap toko-toko, pabrik, dan perusahaan untuk melakukan riset tentang produk dan bisnis yang banyak dilakukan dan dicari pada zaman ini.

    Iya itulah 4 sumber inspirasi memunculkan ide bisnis yang bisa dijadikan rujukan dalam membangun bisnis anda. Semoga postingan ini bisa membantu dan informatif, tetap semangat untuk membangun bisnis anda menuju kesuksesan.

    1 comment:

    1. Dalam berbisnis tidak hanya modal yang menjadi faktor utama penentu kesuksesan, dimana masih banyak faktor lainnya, misalnya saja, bisnis itu butuh seorang yang kreatif, inovatif, bekerja keras, pantang menyerah dan progresif. Namun ketika melihat pada fakta yang terjadi sekarang ini banyak pembisnis yang belum memiliki faktor yang disebutkan sebelumnya, dimana kebanyakan mereka hanya bermodalkan nekat dan cenderung meniru-niru.

      Usaha yang menjanjikan di desa

      ReplyDelete

    Comment with good, polite and obey the rules that have been created, the policy details can be found in the Terms of Service (TOS) at CAK OTOTECHNO ™ Blog's.

    Post Top Ad

    Post Bottom Ad