Header Ads

  • Breaking News

    Cara Memilih Benih Lele Berkualitas Terbaru


    Memilih benih unggul merupakan hal utama yang patut diperhatikan, karena kunci kesuksesan budidaya lele adalah pemilihan benih unggul dan berkualitas. Dengan benih unggul insyaallah usaha lele Anda kan sukses besar, namun jika dalam pemilihan benih yang salah akan menyebabkan usaha lele menjadi cacat atau bahkan gagal.


    Jika benih yang digunakan dalam usaha adalah hasil membeli pada petani benih lele, cobalah Anda cek secara seksama, apakah benih tersebut sehat dan termasuk benih unggul atau tidak. Dengan demikian penulis mencoba untuk merincikan beberapa cara memilih benih unggul dan berkualitas. 

    a. Beli benih dari petani langsung
    Membeli benih dari petani langsung lebih terpercaya dan biasanya sudah mengantongi ijin sertifikasi pembenihan yang baik dan benar. Dengan begitu dapat dipastikan apakah benih tersebut memang berasal dari indukan-indukan unggul.

    b. Gerak dan fisik lele 
    Sebelum melakukan pembelian benih lele, cobalah untuk melihat kondisi fisik dan gerak saat berenang. Kondisi inilah yang akan menjadi pertimbangan sebelum goal melakukan pembelian. Benih lele yang unggul ketika berenang pasti akan lincah dan fisiknya sehat, selain itu, bisa ditinjau dari fisik lele, bila terdapat luka, sungut benih lele pucat dan warna tubuhnya suram, perlu dicurigai bahwa benih tersebut berpotensi memiliki penyakit. 

    c. Ukuran cenderung sama
    Keseragaman/sama dalam ukuran benih lele merupakan hal yang penting, dimana ketika membeli benih lele yang mempunyai ukuran yang tidak seragam justru akan menyulitkan dalam perawatan dan cenderung terjadi kompetisi makanan di dalam satu kolam, dimana yang kecil akan kalah memperoleh makanan pada ukuran lele yang lebih besar karena yang besar mengusai yang kecil, dan juga mengingat sifat lele yang cenderung kanibal. 

    d. Sesuaikan harga benih dengan modal
    Harga merupakan prioritas utama seseorang ketika membeli sesuatu termasuk benih lele ini. Cobalah untuk menyeimbangkan antara harga benih lele dengan modal yang dimiliki. Ketika harga benih lele dengan kapasitas 10.000 ekor melebihi modal yang dimiliki jangan mencoba untuk memaksakan untuk tetap membelinya mungkin bisa membeli dibawahnya 800-900 ekor benih lele.

    e. Benih unggul dapat melawan arus
    Ketika benih yang unggul ditest pada alir mengalir yang halus akan melawan arus, sebagai contoh ketika menebar benih dengan cara memiringkan ember dan benih yang baik akan melawannya walaupun pada akhirnya akan masuk kolam pembesaran juga, setidaknya untuk mengetahui benih tersebut masuk unggul atau tidak. 

    Jadi pintar dan bijaklah dalam memilih benih unggul untuk usaha lele, benih unggul akan menghasilkan hasil yang maksimal. Terimakasih sudah berkunjung sekian.

    No comments

    Comment with good, polite and obey the rules that have been created, the policy details can be found in the Terms of Service (TOS) at CAK OTOTECHNO ™ Blog's.

    Post Top Ad

    Post Bottom Ad