Header Ads

  • Breaking News

    Informasi Lengkap Mengenai Teknologi Informasi


    Perkembangan Teknologi Informasi (IT) sangatlah cepat dan tanpa kendali yang jelas, banyak teknologi-teknologi terbarukan dan mutakhir yang terus bermunculan didunia. Teknologi-teknologi tiada batas yang terus mengalami perkembangan selama manusia masih memiliki daya kreatifitas untuk mengembangkannya. Memang lucu kalau kita mengenal teknologi informasi, tetapi tidak tahu pengertian dari Teknologi Informasi itu sendiri. Oke, untuk menghilangkan kelucuan ini, disini penulis mencoba untuk membagikan kepada semuanya tentang pengertian teknologi informasi, tujuan, fungsi menurut para ahli yang langsung bisa disimak pada penjelasan berikut.


    Pengertian Teknologi Informasi Menurut Para Ahli
    • Secara umum pengertian Teknologi Informasi adalah suatu studi perancangan, implementasi, pengembangan, dukungan atau manajemen sistem informasi berbasis komputer, terutama pada aplikasi hardware (perangkat keras) dan software (perangkat lunak) komputer. 
    • Menurut Kenneth C.Loudon (2004), Pengertian Teknologi Informasi adalah salah satu alat yang digunakan oleh para manajer untuk mengatasi perubahan yang terjadi. 
    • Menurut Wikipedia, Pengertian Teknologi Informasi (IT) adalah istilah umum teknologi untuk membantu manusia dalam membuat, mengubah, menyimpan, mengomunikasikan, dan menyebarkan informasi. 
    • Menurut Brown, De Hayes, Perkins, Martin dan Hofler (2005), Pengertian Teknologi Informasi adalah bentuk perpaduan teknologi komputer yang berupa gabungan perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software) untuk memproses dan menyimpan teknologi komunikasi informasi untuk melaksankan distribusi informasi. 
    • Menurut Williams dan Sawyer (2003), Pengertian Teknologi Informasi adalah teknologi yang menggabungkan komputasi (komputer) dengan jalur komunikasi kecepatan tinggi yang membawa data, suara dan video. 
    • Menurut Haag dan Keen (1996), Pengertian Teknologi Informasi adalah seperangkat alat yang membantu anda bekerja dengan informasi dan melakukan tugas-tugas yang berhubungan dengan pemrosesan informasi. 
    • Menurut Lucas (2000), Pengertian Teknologi Informasi adalah segala bentuk teknologi yang diterapkan untuk memproses dan mengirimkan informasi dalam bentuk elektronis. 
    • Menurut Martin (1999), Pengertian Teknologi Informasi adalah teknologi yang tidak hanya pada teknologi komputer (hardware dan software) yang akan digunakan untuk memproses dan menyimpan informasi melainkan mencakup teknologi komunikasi untuk mengirim atau menyebarkan informasi. 
    • Menurut Mc Keown (2001), Pengertian Teknologi Informasi adalah segala macam bentuk teknologi yang bisa dipakai untuk mengubah, menyimpan, dan memanfaatkan informasi apapun wujud dan bentuknya. 
    • Menurut Oxford English Dictionary (1995), Pengertian Teknologi Informasi adalah studi atau peralatan elektronika, terutama komputer yang digunakan untuk menyimpan, menganalisa, dan mendistribusikan informasi, termasuk kata-kata, bilangan, dan gambar. 
    Tujuan Teknologi Informasi
    Tujuan Teknologi Informasi adalah untuk memecahkan suatu masalah, membuka kreativitas, meningkatkan efektivitas dan efisiensi dalam aktivitas manusia. 

    Fungsi Teknologi Informasi
    Setelah membahas tentang pengertian dan tujuan Teknologi Informasi, hal mendasar lainnya yang ingin dibahas adalah mengenai fungsi dari Teknologi Informasi itu sendiri yang akan dibahas pada pembahasan berikut. 
    • Mengolah (Processing), Mengolah/memproses data masukan yang diterima untuk menjadi suatu informasi. Pengolahan atau pemprosesan dapat berupa data yang dikonversi kebentuk lain, analisis kondisi (analisis), perhitungan (kalkulasi), penggabungan (sintesis), segalah bentuk data dan informasi. 
    • Menyimpan (Storage), Menyimpan atau merekam data dan informasi ke dalam suatu media untuk keperluan lainnya. Contoh disket, hardisk, tape, compact disk dan lainnya. 
    • Menghasilkan (Generating), Menghasilkan atau mengorganisasi informasi dengan bentuk yang berguna. Contoh : laporan, grafik, tabel dan lainnya. 
    • Transmission, Mengirim data dan informasi dari suatu lokasi kelokasi lainnya dengan melalui jaringan komputer. Contohnya mengirimkan data penjualan dari user A ke user B dan lainnya. 
    • Mencari Kembali (Retrival), menelusuri untuk mendapatkan kembali informasi atau menyalin data dan informasi yang telah tersimpan. 
    • Capture. 
    Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam berbagai bidang kehidupan sehari-hari 
    • Pendidikan, dalam bidang pendidikan Teknologi Informasi memberikan manfaat dan dukungan yang sangat besar dimana yang dulu untuk mendapatkan informasi tambahan untuk materi pendidikan yang hanya bersumber pada buku pelajaran, sekarang dengan adanya Teknologi Informasi membuat pendidikan menjadi lebih mudah dan penguasaan informasi menjadi lebih mudah serta luas jangkauannya. 
    • Industri dan Manufaktur, dalam bidang ini teknologi memiliki peranan yang sangat penting dimana juga dapat mempermudah proses produksi dan distribusi produk industri dan manufaktur serta membantu membuat desain produk dengan software yang lebih mudah dan akurat dibandingkan dengan cara manual. 
    • Bisnis dan Perbankan, dalam bidang ini juga memiliki peranan yang sangat penting dimana dengan adanya Teknologi Informasi telah membuat kegiatan bisnis dan perbankan menjadi lebih efektif dan efisien serta juga dapat membantu dalam menyimpan berkas menjadi lebih aman dalam kegiatan transaksi. 
    • Militer, Teknologi Informasi telah banyak membantu dalam bidang ini yang dapat digunakan sebagai pemberi informasi jarak jauh mengenai suatu hal dan juga berfungsi sebagai navigasi kapal terbang dan kapal laut yang akan semakin mempermudah untuk mempertahankan kedaulatan negara. 
    • Teknik dan Pengetahuan Umum, Teknologi Informasi telah banyak membantu dalam bidang ini yang dengan adanya dapat mempelajari segala hal, seperti mempelajari struktur tanah, gerak angin, cuaca dan membantu juga dalam hal matematis. 
    • Kedokteran, Teknologi Informasi telah banyak berperan dalam bidang kedokteran yang semula hanya memanfaatkan peralatan-peralatan sederhana dalam menunjang kegiatan kedokteran, tetapi berubah 90 derajat setelah kemunculan Teknologi informasi dimana kegiatan kedokteran menjadi semakin maju dan lebih efektif dan efisein dalam pencegahan dan diagnosa penyakit. 
    • Animasi dan Game, dengan pemanfaatan Teknologi Informasi yang tepat guna telah menunjang dalm pembuatan animasi dan game yang sekarang ini banyak dikonsumsi oleh anak-anak dan orang tua sebagai suatu hiburan atau bahkan sebagai pekerjaan. 
    • Kriminalitas, dalam rangka mempermudah penanggulangan pelaku kriminalitas tanah air dan internasional, peran Teknologi Informasi menjadi sangat penting yang harus ada di dalamnya, dimana dengan pemanfaatan ini telah mempermudah aparat dalam menangkap dan meninjak lanjuti pelaku kejahatan. 
    Komponen Pembangun Teknologi Informasi 
    a. Komputer (Hardware)
    Komputer/sistem komputer digunakan untuk menerima, menyimpan, memproses, menampilkan data dan informasi yang dimaksud dengan sistem komputer meliputi hadware, software komputer, dan teknologi storage. 

    b. Software
    Software terdiri dari software sistem (Operating System Windows, Linux, Ubuntu, dan Mac) dan software aplikasi (pengolah kata, hamparan elektronik dan pemroses).

    c. Informasi
    Informasi dalam bentuk data, teks, suara, bunyi, gambar dan video.

    d. Komunikasi
    Komunikasi adala proses penghantaran dan penerimaan data dan informasi (hardware, pemrogrman dan informasi).

    e. Pemrograman
    Pemrograman berikut tata cara operasi, tata cara salinan dan pemulihan, tata cara keamanan data, dan tata cara pembangunan sistem.

    f. Operator (Manusia)
    Operator adalah pengguna dan pelaku sistem operasi.

    Peranan Dasar Teknologi Informasi Menurut G.R Terry
    a. Fungsi Operasional
    b. Fungsi Monitoring and Control
    c. Fungsi Planning and Decision
    d. Fungsi Communication
    e. Fungsi Organitation

    Pengelompokan Teknologi Informasi 
    1. Input Technology
    Teknologi masukan adalah teknologi yang berhubungan dengan peralatan untuk memasukkan data ke dalam sistem komputer. Contoh : Mouse & Keyboard.

    2. Output Technology 
    Teknologi keluaran adalah teknologi yang berhubungan dengan segala peranti yang berfungsi untuk menyajikan informasi hasil pengolahan sistem. Contoh : Monitor, Printer & Speaker.

    3. Software Technology
    Perangkat lunak adalah segala sesuatu yang mencakup program, dokumentasi dan konfigurasi data yang saling berhubunga yang diperlukan agar utnuk program beroperasi dengan benar. Contoh : Ms. Word, Excel, Power Point, Publisher, Adobe Photoshop, Avast Anti Virus, Smadav Anti Virus, Adobe Premiere, SPSS, Minitab, Lindo, Matlab, AutoCAD, Solid Work, 7Zip, Winrar, AIMP3, CCleaner, Corel Draw, Mozilla Firefox, Google Chrome, Internet Explorer, UC Browser, Format Factory, GOM Player, KMP Player, AVG Anti Virus, WPS Office, dan lainnya.

    4. Storage Technology
    Teknologi penyimpanan adalah teknologi yang digunakan untuk menyimpan data, infomasi, file, video, dan lainnya. Teknologi penyimpanan dibagi menjadi dua kelompok, yaitu Internal Storage (Internal Memory) dan External Storage (External Memory) yang akan dijelaskan berikut. 
    • Internal Storage (Internal Memory) memiliki fungsi sebagai pengingat sementara baik bagi kita maupun program, informasi, ketika proses pengolahannya dilaksanakan oleh CPU. Contoh : ROM (Read Only Memory) dan RAM (Random Access Memory). 
    • External Storage (External Memory) memiliki fungsi untuk menyimpan data secara permanen. Contoh : Hardisk, disket dan Flashdisk. 
    5. Processing Machine Technology 
    Mesin Pemroses lebih dikenal dengan CPU (Central Processing Unit), Microprocessor atau Processor merupakan otak dari komputer yang semua data diolah didalamnya.

    Demikian pengertian, tujuan, fungsi Teknologi Informasi dan semoga bermanfaat.

    No comments

    Comment with good, polite and obey the rules that have been created, the policy details can be found in the Terms of Service (TOS) at CAK OTOTECHNO ™ Blog's.

    Post Top Ad

    Post Bottom Ad